Geopark Ciletuh, Surganya Sukabumi


Postingan kali ini saya mau sharing pengalaman touring ke salah satu tempat wisata yang udah mendapat predikat UNESCO Global Geopark (UGG). Diakui sebagai Geopark dunia karena keindahan alamnya lengkap, ada landscape, gunung, air terjun, sawah, ladang dan berujung di muara sungai ke laut, lokasi ini juga di kelilingi hamparan bukit dengan batuan unik. Nama tempatnya yaitu Geopark Ciletuh lokasinya ada di Sukabumi.




Sebelumnya saya dan suami rencananya cuma mau berdua aja, tapi kok di pikir-pikir iseng juga ya kalau cuma berdua, akhirnya suami ngajak temen-temennya dan ternyata mereka mau ikutan. Kebetulan temen suami juga  ada yang udah pernah touring kesana jadi dia lah sebagai navigator nya. Kami juga gak nginep dan langsung pulang hari itu juga. Gak capek ya? Menurut looh? Iya karena  temen suami masih ada beberapa kesibukan besoknya jadi kita putuskan buat PP aja.


Hari yang di rencanakan tiba, seluruh persiapan udah mateng. Kami sengaja pergi di hari Jumat  14 September 2018 karena kalau weekend udah pasti rame dan gak bisa menikmati karena penuh orang. Sesuai rencana kami ada 7 orang dengan 5 motor dan niat berangkat ekspektasinya jam 6 pagi, titik kumpul di pombensin Pekapuran Cimanggis tapi realitanya setengah 8 baru jalan dong. Perjalanan kurang lebih 5-6 jam, itupun banyak istirahatnya dan lajunya juga gak terlalu ngebut, hmmm...bokong  bisa-bisa panas nih :)

Rute kali ini kita mulai dari Depok -  Bogor – Caringin – Cijeruk – Cicurug – Parungkuda – Cikidang – Pelabuhan Ratu lalu lewat Simpang Loji, ini jalur baru untuk mengarah kesana.

Nah kami bakal lewatin jalur Cikidang yang jalurnya lumayan extreme dan sepi, kendaraan dan badan harus bener-bener fit, jalurnya kayak roller coaster, ajiibb, bener-bener harus di coba. Tapi buat yang jalan malam, disarankan untuk lewat Cibadak, yang katanya lebih lama tapi ramai dan lebih aman.

Ini jalur motong banget jadi cepet dan jalanannya juga mulus. Intinya sebelum masuk jalur Cikidang jangan sampe ada yang kehabisan bensin, harus full tank karena kita bakal lewat di tengah hutan yang jelas gak ada SPBU disana, jalur ke Ciletuh searah dengan Ujung Genteng.

Jam 11.15 sampailah di Simpang Loji, jalur ini gak ada petunjuknya. Baru masuk jalur ini langsung di suguhkan jalan yang berkelok-kelok. Selama diperjalanan, sebelah kanan adalah laut lepas Pelabuhan Ratu, tambak-tambak nelayan dan sebelah kiri dominasi perbukitan dan perkebunan. Pemandangannya jangan ditanya, Subhanallah... Keren banget pokoknya macam kayak di Hawaii, temen aja banyak yang gak percaya kalau jalur ini ada di Sukabumi. Angkat topi buat pemerintah Jawa Barat.




Tapi yang harus diwaspadai adalah tanjakan dan turunan yang aduhai banget lumayan buat gaspol kayak Valentino Rossi tapi harus tetap hati-hati. Jam 12.00 kita udah ada di spot pertama yaitu Puncak Darma, nanti kita bahas tentang Puncak Darma ya.

Lalu kita menuju ke Pantai Palangpang dulu yang arahnya lebih kebawah, itu jalurnya lebih gokil banget, jalan bebatuan dan masih dalam tahap pembuatan. Arah mau ke Pantai palangpang kita bakal ngelewatin Curug Cimarinjung tapi sayang kami gak sempet mampir. Dan pas banget jam 12.30 siang sampailah kita di Pantai Palangpang, sayangnya pantai disini airnya keruh dan banyak sampah. Walau begitu kami tetap menyempatkan buat foto-foto.

Masuk ke pantai ini sebenernya dikenai 5.000/orang tapi pas kita masuk gak ada petugas yang jaga dan gak dimintain sama sekali, mungkin karena hari biasa kali ya jadi gak banyak orang berlibur. Alhamdulillah rejeki anak pak soleh...heheheh...




Ini salah satu iconic Geopark Ciletuh, wajib banget foto disini...heheheh...

Kalau ada rencana mau bermalam disana, banyak juga kok yang menyediakan penginapan tapi jangan harap ada hotel atau losmen ya, disana banyaknya home stay kayak rumah penduduk gitu yang harganya lumayan murce. Karena kita gak nginep dan waktu yang terbatas jadi destinasi kami cuma sampai Pantai Palangpang aja, yang sebenernya masih banyak tempat-tempat bagus yang masih belum kita datengin seperti : Bukit Panenjoan, Curug Awang, Pulau Kunti, Curug Cikanteh, Curug Sodong, Curug Puncak Manik dan masih banyak lagi. Mungkin next ya bakal dijelajahi semua.

Pantai Palangpang ke Puncak Dharma jaraknya kurang lebih 1 Km. Akhirnya kita naik ke Pucak Dharma, disana kita cukup bayar 3.000/orang dan parkir motor 2.000/kendaraan, uang tsb adalah buat dana kebersihan, bayarnya di sediain kayak kotak amal gitu. Ini spot paling ciamik buat nikmatin Ciletuh dari atas dengan kondisi cuaca yang mendukung.








Disini juga ada warung makan pinggiran kayak di puncak, akhirnya kami makan siang dulu dengan menu soto dan pecel ayam. Abis itu foto-foto lagi ninggalin jejak disini :)



Habis makan sekitar jam 14.30 kita lanjut turun untuk pulang. Selama turun kita bakal nemuin lokasi yang namanya Puncak Gebang. Dari puncak Gebang ini kita bakal liat dan menikmati landscape teluk Pelabuhan Ratu yang lautnya biru banget.






Alhamdulillah, touring kali ini berkesan banget, yang terpenting bukan tempatnya tapi menikmati perjalanannya... TERBAYAR DAN TERBAIQUE !!



0 Comments:

Posting Komentar