Nikah Muda? Kenapa Enggak!!

Sebenarnya sih saya nikah juga gak muda² amat tapi kalau dibandingin *secara umum* dengan teman² sebaya dan rencana hidup dulu, rencana awal saya pengen menikah sekitar usia 25-26 tahun, ternyata Allah berkehendak lain. Tiba² datanglah seseorang yang tepat, di saat yang tepat pula, jadi-lah menikah di usia 23 tahun. Alhamdulillah…

Pasti ada sebagian atau kebanyakan dari kita heran lihat pasangan yang  sepertinya begitu yakin mengambil keputusan nikah muda, keputusan pertama dan terakhir dalam hidup mereka. Namun, menurut saya, ada tiga hal awal yang diyakini, yaitu Niatkan, Mantapkan, dan Jalankan. Untuk ambil keputusan nikah muda itu memang kadang agak rumit tapi gak bagi saya yang sudah mantap dan tahu akan kebaikan yang saya dapat dari sebuah pernikahan. InsyaAllah, Allah akan meridhoi setiap hambanya yang akan menempuh jalan kebaikan. Menikah kan juga suatu kebaikan , kan? 

Beberapa bulan kemarin saya pernah apply² lamaran ke beberapa perusahaan, niatnya mau cari kerjaan yang baru dan lebih baik, Alhamdulillah proses recruit karyawan gak butuh waktu lama akhirnya saya dipanggil untuk interview. Setelah proses ivew kok gak ada kabar² selanjutnya dari perusahaan² itu. Sempet mikir saya gak dipanggil lagi apa mungkin karena status saya yang udah nikah karena banyak orang yang bilang kalo udah nikah itu menghambat karir/pekerjaan padahal kita punya potensi yang lebih dan apa mungkin suatu perusahaan mempertimbangkan calon karyawannya dari status pernikahan?
 

Setelah saya pikir² sebenarnya status itu gak penting. Dalam dunia kerja, emang sih ada beberapa perusahaan yang meminta syarat belum nikah. Menurut saya, rata² bahkan semua perusahaan yang mensyaratkan kaya gitu adalah perusahaan yang gak bonafit alias di bawah rata². Perusahaan yang bagus justru akan menjunjung tinggi prinsip "equal opportunity employer", alias mereka adalah perusahaan yang percaya bahwa setiap individu harus diberi kesempatan yang sama. Inilah tipe perusahaan yang bonafit dan bagi perusahaan yang managementnya baik yang di prioritaskan buat masuk sebagai karyawan adalah orang yang berpotensi di bidangnya, bukan orang yang belum menikah.. Ahh tapi pikiran kalo nikah muda menghambat karir langsung saya buang jauh², yaudah lah yaa mungkin emang belum rejeki, mungkin Allah belum ngijinin saya untuk pindah dan mungkin di perusahaan sekarang masih lebih baik buat saya. 
 
Kayaknya kebanyakan dari kita, mungkin masih banyak persepsi kalo nikah mudah bisa menghambat karir dan buat cowok takut gak bisa ngasih nafkah tapi menurut saya kalo kita bimbang buat memutuskan nikah muda, misalnya karena takut gak bisa kasih nafkah, gak usah takut kekurangan!! Justru nikah itu berkah dan Allah udah ngatur rejeki tiap orang dan rejeki itu gak bakal ketuker dan rejeki nikah pasti ada aja.  Kalo masalah karirnya bakal terganggu, mungkin buat saya pekerjaan belum berpihak ke saya justru setelah nikah suami saya (Alhamdulillah) dapet pekerjaan yang lebih baik, yang lebih menjanjikan buat masa depan, berarti itu masuk kedalam rejeki nikah. Kalo masalah takut gak bahagia, justru saya bahagia banget selalu ada dideket suami dan Allah menjadikan pernikahan sebagai sumber kebahagian, cinta juga kasih sayang.

Tapi satu hal pelajaran yang bisa saya ambil, bahwa nikah muda itu gak selalu identik sama hal negative kok, misal nikah muda karena ada gosip MBA (Married By Accident), perjodohan atau yang lainnya. Nikah muda justru jadi hal² positif yang bisa melengkapi bagian kehidupan individu, asalkan setiap individu itu tahu apa motivasi positifnya buat yakin dalam melangkah. Niat yang baik, tentu akan mendapatkan hasil yang baik pula. Apapun keputusan kita, hidupi dan buktikan kepada diri kita sendiri bahwa keputusan yang kita ambil benar! (benar-benar membawa kebahagiaan, hehee) Aminnn

Walaupun baru 3 bulan saya nikah muda tapi saya udah bisa ngerasain keuntungan dari nikah muda itu sendiri, seperti :
  1. Semakin banyak lahan ibadah karena nikah adalah setengah agama segala amalan sholeh dalam pernikahan InsyaAllah berpahala.
  2. Hati dan pikiran tenang.
  3. Pikiran fokus. Hidup lebih terarah, jelas arahnya.
  4. Manajemen keuangan lebih stabil.
  5. Karir bersama dan saling mendukung dukungan dalam segala hal, buat kesuksesan bersama dalam karir juga rumah tangga.
  6. Punya sahabat, tempat curhat dan diskusi yang paling terpercaya. Bagi saya suami adalah orang yang paling dipercaya dalam hal apapun, begitu juga sebaliknya.
  7. Kesempatan belajar bersama lebih luas belajar tentang hidup, pengalaman, ilmu di bidang masing².
  8. Nikmatin masa² berdua yang romantis, kaya jalan² berdua setiap liburan dan akhir pekan bisa dilakukan dengan nyaman juga tenang.
  9. (InsyaAllah) punya anak lebih cepat. Pas anak mulai dewasa, semoga kita tetap bisa mengikuti “jaman” nya karena jarak usia sama anak gak terlalu jauh walaupun sekarang saya masih ngejalanin promil.
Jadi, mitos nikah muda :“hidup bakal dibatasi, menghambat karir, jadi gak bebas, banyak pekerjaan rumah tangga, gak menikmati hidup, dll” gak terbukti

2 Comments:

  1. Wah wah terima kasih sekali artikel yang buat saya, bagus bangettt,
    Dengan membaca dari awal sampai akhir ketikan widiyanti ini. Saya
    semakin mantap dengan apa yang saya lakukan. Doakan semoga Allah berikan yang
    terbaik buat saya dan kita semua. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn.. Barakallah mas arif.. semoga dilancarkan semua niat baiknya :)

      Hapus