Pernikahan Bukan Sekedar Punya Anak




Haiiii....
Ketemu lagi deh, maklum lagi rajin nulis nih dan ini post ke dua dibulan maret...hahaha

Sekarang saya mau share masalah rumah tangga, bukan ngomongin aib loh...hehehhe

Jadi saat ini saya sih sama ayah baik² aja, rumah tangga kami juga Alhamdulillah aman sentosa paling berantem kecil lah yang masih bisa diselesaikan berdua. Rumah tangga kami udah jalan 3 tahun, ya masih belum seberapa sih dibanding temen² yang mungkin lebih lama udah ngalamin pahit manis, asam garam kehidupan rumah tangga.

Alhamdulillah untuk kasih sayang, cinta, perhatian kami sampai saat ini gak pernah berkurang, selalu..selalu..dan selalu bertambah setiap harinya. Cuma ada satu permasalahan yang emang lagi berat banget kami hadepin (gak usah di share juga kali yah..hehehe) tapi dengan begitu kami selalu sabar karna emang ini suatu ujian di dalam rumah tangga kami, kuat gak sih ngadepin ini semua? Insha Allah kuat, Insha Allah keadaan membaik seperti sedia kala. Amin.

Saya sangat..sangat bersyukur punya suami kaya ayah, dia itu orang yang paling sabar banget ngadepin saya, kalo gak kuat² iman mungkin saya udah ditinggalin sama ayah. Ayah itu orang yang kalo marah bisanya cuma diem, gak pernah ngomong kasar, selalu bisa ngademin hati saya yang lagi panas kayak api, tipikal hormati orang tua banget, maka itu saya pernah denger cerita dari kakak suami kalo suami itu gak ada cacatnya di mata keluarga. (kalo ayah baca pasti dia GR deh..hahaha)

Pernah saya merongrong ke ayah tapi jawaban ayah selalu bikin hati saya tenang."Kapan sih yah kita punya anak?" ayah selalu bilang "Nda, apa yang nda minta akan ayah beliin tapi kalo untuk anak ayah gak bisa kasih kalo Allah juga belum ngijinin ngasih, ayah yakin kita bakal punya anak, ayah yakin, kita berusaha terus yah sayang"

Dan yang bikin saya terenyuh lagi dengan si ayah ini, saya pernah tanya ke dia "Kalau pada akhirnya aku gak bisa kasih kamu anak gimana? Apa kamu bakal ninggalin aku? Tapi (Naudzubillah mindzalik, saya nanya kayak gini cuma seandainya, jikalau, kalaupun, bilamana loh, bukan berarti keinginan atau doa, ini ngomong pahitnya aja). Dia jawab, “Mau kamu punya anak, sekalipun kamu gak bisa kasih aku anak, aku akan tetap disamping kamu, setia sama kamu, cinta & sayang sama kamu apapun yang terjadi”. Yuhhhh, so sweeetttt...

Oh iya ngomongin masalah anak, baru aja 2 hari yang lalu saya cerita di blog sebelumnya kalo saya udah telat haid selama 2 bulan, gak disangka dan gak di duga ternyata tanggal 18 siang sampai malam udah keluar flek², saya pikir cuma flek biasa karna yang saya baca tanda hamil itu gejala nya mirip orang yang mau haid. Sengaja saya pake pembalut, kalo emang beneran haid takut tembus ke kasur. Pas bangun tidur, saya cek ternyata tamu tak diundang itu dateng..Hiksssss!!

Saya kasih tau ayah, muka nya ayah langsung sedih, saya kasih tau mama, mama juga cuma senyum. Walaupun muka ayah keliatan sedih banget tapi dia juga sempet bilang " Yaudah gak apa², kita usaha lagi ya nda..". Mama juga bilang "Udah jangan sedih, belum rejeki". Oke fine, berusaha berlapang dada. Saat ini pun saya juga gak masuk kantor karna emang perut saya sakit banget kalo haid, sampai mual, muntah, keringet dingin, maka nya ayah nyuruh saya gak usah masuk kantor dan istirahat aja dirumah.

Harapan besar itu ternyata pupus, kabar baik yang ditunggu ternyata bukan jadi kabar baik tapi yaudah lah yaah emang belum rejeki kami berdua. Selama 2 bulan kemarin, dibilang berharap hamil ya sangat berharap, dibilang pengen punya anak ya pengen banget tapi mungkin Allah masih nyuruh kami pacaran (lagi), masih disuruh menyelesaikan apa yang emang harus kami selesaikan.

Emang banyak sih orang yang nanya ke saya, "Kapan nih nyusul hamil?", "Kok udah nikah lama belum hamil juga?", "Emang gak kepengen punya anak?", bahkan ada yang nanya tapi dijadiin jokes "Suaminya gak jago nih gaya nya", "Suaminya kurang paten kali...blaa..blaa...blaa... Helloowww... Ngana pikir bikin anak kayak bikin roti yang tinggal bikin adonan, didiemin selama 1 jam, dikasih isi coklat keju, di oven trus jadi? Kalo emang bikin anak segampang itu, mungkin anak saya udah ada 1 lusin kali... Saya juga males berpikiran "Lo punya anak dua, gue juga harus lebih dari dua", "Lo punya anak cewek-cowok, gue juga harus punya anak cewek-cowok". Kan ada orang yang berlomba² punya anak, jangankan lomba punya anak, malah ada juga yang berlomba² nikah..hehehe lucu yah :)

Sampe saya disaranin sama Mba Dita (temen baru saya didunia blogging, orangnya cantik, baik...#loh kok jadi promosiin sih..hahaha) dia bilang "Kalo omongan orang itu gak usah di denger, jadinya keinginan besar buat hamil malah takut jadi ambisi gak jelas". Oke, mungkin fase² dimana saya khawatir, malu, marah, nangis bahkan sakit hati ketika orang nanya kapan dan kapan tentang kehamilan, itu udah saya lewatin saat awal² saya nikah. Semakin kesini, semakin menjalani 3 tahun berumah tangga, saya udah masa bodo sama ocehan² orang yang buat saya terlalu ngurusin hidup saya.

Pernah saya denger orang bahas tentang ini tapi ini bukan sekedar bahasan biasa, ini juga pernah saya temuin di lingkungan sekitar saya. Ketika masih kuliah ditanya kapan lulus, kalo udah lulus ditanya kapan punya pendamping hidup, ketika udah punya pacar ditanya kapan nikah, ketika udah nikah ditanya kapan punya anak, ketika punya anak ditanya kapan punya adek buat si kakaknya, ketika anak pertama udah gede ditanya kapan mau mantu...terussss ditanya seperti itu. Sekilas terdengar biasa tapi bisa berbahaya... Semakin kita dengerin apa kata orang, semakin gak ada habisnya.

Sekarang saya cukup senyum, bahkan lebih santai dan enjoy, gak mau terlalu mikirin punya anak. Bukan berarti saya gak mau punya anak loh tapi dijalanin aja, kalo dipikirin yang ada malah nanti stress dan ngaruh ke hormon, sedangkan hormon perempuan itu lebih sensitif dan cepet berubah ketimbang hormon laki². Malah yang terlalu dipikirin kayak gitu yang bikin gak jadi², maka nya saya dan suami santai ngejalaninnya. Alhamdulillah nya dari pihak keluarga saya maupun ayah gak terlalu menuntut untuk kami cepet punya anak, SE-DIKASIH-NYA. Ahhhh.... Mereka emang selalu mengerti kami :)

Tapi emang sih bagi saya, rumah tangga itu bukan sekedar punya anak dan bukan menjadi lahan peternakan anak. Anak itu merupakan rejeki & bonus dari Allah. Emang sih akan lebih lengkap dan bahagia jika pernikahan ada hadirnya seorang anak tapi kalo emang BELUM dikasih anak bukan berarti pernikahan gak bahagia kan... Jadi saya yakin banget kalau alasan selingkuh cuma demi mendapatkan anak, suami saya gak akan sebodoh itu.

Hal ini justru membuat kami semakin dekat dan semakin mengerti apa arti "pasangan". Makin sama² saling memahami, saling menyayangi, saling pengertian, saling menguatkan, saling melengkapi, yang paling penting makin tambah sabar, gak boleh ngeluh dan makin bersyukur apa yang udah kita punya saat ini, sama² berjuang bukan saling menyalahkan. Toh, kami berdua tetap berupaya, berbagai cara udah kami lakukan, baik medis maupun tradisional. Tapi mungkin Allah berkehendak lain, kalau kami belum dipercaya untuk diberi titipan, ya kami pasrah. Paling gak, Allah mengerti seberapa besar usaha kami. Kami juga sadar yang terbaik menurut kami belum tentu terbaik menurut Allah. Jadi, kondisi kami saat ini adalah yang terbaik menurut Allah dan kami harus bersyukur.

2 Comments:

  1. Intinya sabar nya harus tingkat dewa widya,,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus sabar sesabar2nya.. Mohon doanya juga yaa ;)

      Hapus