Liver Membawanya Pergi...

Bulan Oktober 2015, masuk bulan ke 3 Vitri dirawat di Rumah Sakit, tapi saya baru bisa menjenguk setelah 2 bulan dia dirawat, walaupun saya baru bisa jenguk tapi setiap hari saya BBM tanya keadaan dia udah membaik atau belum, saya hibur agar dia cepet sembuh dan bisa masuk kantor lagi. Saya jenguk seminggu setelah Idul Adha sekitar pukul 4 sore, dan baru banget pulang dari Subang minta dianter Ayah. Saat masuk ke kamar tempat dia di rawat, ternyata dia lagi tidur, saya gak enak mau bangunin akhirnya saya tunggu diluar ruangan dan gak lama saya lihat suaminya keluar dari apotik. Saya sapa dan akhirnya suaminya membangunkan Vitri dan bilang kalau saya datang, akhirnya dia bangun dan saya berhasil melihat lagi senyumnya yang udah lama menghilang dari pandangan mata saya. Wajahnya pun masih sama, meskipun terlihat ceria tapi masih aja pucat.

Vitri gak berubah, cuma tubuhnya terlihat lebih kurus. Tapi yang saya lihat dia gak merasakan ada penyakit di badannya, dia terlihat segar bugar seperti sehari² dia dikantor. Gak butuh waktu lama, kami pun langsung mulai bercerita tentang keadaan kantor. Vitri pun mulai bercerita banyak hal tentang Rumah Sakit yang katanya membosankan, juga tentang tingkah-tingkah aneh pasien yang satu kamar dengan Vitri.

Dan kabar bahagia yang saya dapat sore itu adalah bahwa selama ambil darah ternyata hasilnya, Vitri hanya kena tifus (penyakit yang masih bisa diobati dengan istirahat cukup, jangan kecapean dan tanpa harus dirawat di Rumah Sakit).

Vitri adalah teman bahkan bisa dibilang sahabat saya di kantor, sahabat pertama yang dulu ngajarin saya program Maris (program Merchandise) dikantor, bisa mengerti perasaan saya ketika orang lain gak ada yang bisa mengerti. Cewek betawi yang baik, ceplas-ceplos, sering banget manggl teman²nya dengan sebutan congek termasuk saya dipanggil dengan nama congek..hehehe...

Saya banyak cerita tentang keluarga, pasangan bahkan kebanyakan cerita saya hampir sama dengan apa yang dia alami, sering curhat gimana persiapan waktu dia mau nikah, maka nya kita itu cocok banget dalam segala hal. Ya, itulah Vitri. Sejak saya kenal Vitri, dia gak pernah terlihat sakit, justru saya yang sering bolos kantor karna keseringan sakit.

Pertemuan singkat sore itu membuat saya cukup bahagia. Saya lega, karena akhirnya saya sendiri bisa memastikan bahwa sahabat saya sudah sehat, sudah baik.

=========================

Selasa, 27 Oktober 2015
Dari senin malam, hp saya bunyi WA masuk, saya pikir cuma obrolan ngebahas kerjaan di grup kantor jadi saya "kacangin" tuh hape sampai selasa pagi. Saat saya bangun, langsung saya cek hp, apa sih yang dimongin di grup semalem dan ternyata.... semalem adalah info kalo Vitri meninggal. Deg!! Percaya atau gak, tapi saat itu saya merasa kalu jantung saya berhenti berdetak. Saya diam, seolah tubuh saya langsung lemas. Saking gak percaya kalo dia udah meninggal, akhirnya saya cek Facebooknya, ternyata benar, udah banyak yang ucapin bela sungkawa. Astaghfirullah al Aldziimmm.... Dan seketika, tangis saya pun tumpah.

Saya pun  hanya menangis, semua air mata yang saya punya pun seolah tumpah pagi itu. Saya buru² mandi buat ke kantor karena teman² yang akan melayat kerumah Vitri kumpul dikantor jam 7 Pagi.

Di perjalanan menuju ke kantor saya cuma bisa diam, Sakiiiiiiiiiittt banget rasanya. Seolah seperti ada sesuatu yang menohok dada saya, dan terus menerus membuat saya merasa sakit hingga saya susah berhenti menangis dan singkat cerita akhirnya saya sampai rumah Vitri. Begitu sampai, tubuh saya langsung merinding ketika saya melihat rumahnya yang sudah sangat ramai. Seolah baru sadar kalau ternyata sahabat baik saya meninggal, tangis saya pun kembali deras. Sambil berjalan pelan memasuki rumahnya, saya melihat suaminya yang begitu tegar. Saya masuk, dan orang yang pertama saya lihat adalah Emaknya Vitri. Beliau hanya bisa menangis disamping Jenazah Vitri. Pemandangan yang cukup mengiris hati saya.

Kaki saya lemas, bahkan tubuh saya pun hampir jatuh ketika saya sudah berada di depan tubuh Vitri. Tangis yang keluar pun membuat pandangan saya sedikit kabur. Tapi saya bisa melihat kalau jasad yang ada di depan saya benar² Vitri, sahabat saya. Tubuhnya terbujur kaku, bukan terlihat pucat lagi tapi kuning seluruh badannya. Tapi Vitri terlihat seperti belum ikhlas dengan mulut agak terbuka seperti ada yang mau dia ucapkan. Agak nyesel gak bisa lihat dia untuk yang terakhir kalinya sebelum di kafani dan gak bisa mengantar Vitri ke tempat terakhirnya karena banyak kerjaan menunggu saya dikantor. Tapi mudah²an dengan Vitri dikasih sakit kemarin, berarti Allah lagi angkat dosa²nya. Amiin...

Beberapa hari setelah kematian Vitri, saya baru tahu kalau ternyata Liver Vitri sudah di hancurkan, itulah yang menyebabkan Vitri gak bisa bertahan dengan kondisi yang lemah. Seringkali saya bersyukur, karena saat ini Vitri sudah terbebas dari rasa sakit tersebut. Gak terbayangkan bagaimana kondisi dia kalau dia masih hidup, mungkin dia akan jauh lebih menderita.

Inilah sahabat saya, Vitri

Awal dia sakit bermula dari dia di kuret, pada kehamilannya yang pertama udah jalan 6 minggu, saat dia periksa ke dokter ternyata dia terkena virus Rubella dan virus ini bahaya banget, dan harus dikuret karena kalo gak dan tetap mempertahankan bayi nya akan berpengaruh anaknya bisa cacat. Akhirnya Vitri dikuret dan bedrest selama 2 minggu. Setelah 2 minggu berlalu tapi dia belum bisa masuk kantor yang katanya jadi tambah lagi penyakitnya jadi gatel² seluruh badannya, dan entah sakit apa tapi kata dokter dia alergi obat. Pada saat dia ambil darah dan dokter hanya kasih tau hasilnya dia terkena tifus. Minum obatpun terus dijalani sampai gak ada hasilnya, dan akhirnya setiap hari harus ambil darah dan hasilnya tetap sama, dokter berkesimpulan Vitri hanya kena tifus.

Tiap hari saya menunggu dia BBM "Cong, entar makan siang bareng ya, gw udah masuk kantor" tapi kata² itu gak pernah ada di BBM saya. Setiap hari saya BBM dia tanya keadaannya, apa dia udah bisa masuk kantor atau belum, tapi ternyata dia masih di Rumah Sakit dan kabar terakhir yang saya tau dari dia kalo dia terkena Liver. Saya berkesimpulan dia terkena Liver karena terlalu banyak minum Obat sedangkan kondisi semakin lama semakin drop, bahkan katanya obat yang dikasih dokter dosisnya lebih tinggi.. Sangat masuk akal !!

Saya udah bilang dari awal sama Vitri, kalo dia mending pindah rumah sakit atau beralih ke pengobatan Alternatif tapi dia gak mau karna kata suaminya kalo dia disuruh bertahan dulu aja dirumah sakit dan kebetulan dia juga pakai BPJS. Dan Vitri sempat cerita kalau pelayanan menggunakan BPJS sangat dibedakan, entah apa yang membuat beda, Vitri gak sempat cerita banyak. Andaikan memakai pelayanan yang lebih bagus, mungkin gak akan terjadi seperti ini. Tapi saya juga gak bisa menolak takdir, mungkin umur Vitri sudah cukup dipinjamkan Allah sampai disini.

Vitri baru menjalani pernikahan selama 6 bulan, Mei 2015 dia menikah setelah pacaran selama 4 tahun, saat itu dia semangat banget minta saran ke saya yang udah lebih dulu nikah, gimana urus² nikah segala macem dengan tetek bengeknya, souvenir, undangan dan disaat dia diberi kepercayaan hamil oleh Allah tapi dia mesti dikuret dan berlanjut sakit sampai meninggal, pas pada 6 bulan pernikahan mereka. Saya bener² kasihan, gak nyangka banget. Saya merasa dia masih ada, masih dirumah sakit dan yang saya lihat kemarin, dia cuma tidur. Bahkan sampai merasa kehilangan banget, saya udah kayak orang gila, saya WA dia tanya apa kabar, dan saya berharap dia bales WA saya. Tapi itu semua gak akan pernah terjadi lagi, WA saya pun dibaca tapi mungkin sama suaminya dan gak ada balesan apapun. 

Ya Allah cong, gue bener² gak nyangka lo bakal pergi secepat ini. Gue masih mau tagih janji lo sebelum lo sakit, kalo lo janji mau teraktir gue makan enak karna lo ulang tahun. Tapi belum sampe lo teraktir gue, lo udah sakit dan gak masuk² kantor. Gue inget banget janji terakhir lo cong!!!
Gw selalu kirim Alfatihah buat lo, semoga lo bahagia disana yah.
  
Selamat jalan teman, sahabat, saudara.. Kita gak bisa berkumpul lagi di dunia, Insya Allah kita berkumpul di surga nya Allah. Amiin.
Tak ada yang bisa mengira kapan ajal menjemput. Belum lama bercanda riang, tak lama kemudian teman bercanda tadi kedapatan meninggal

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/pebrianov/ketika-teman-seperjalanan-meninggal-mendadak_5583c4c8e122bdba078b4575
Tak ada yang bisa mengira kapan ajal menjemput. Belum lama bercanda riang, tak lama kemudian teman bercanda tadi kedapatan meninggal

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/pebrianov/ketika-teman-seperjalanan-meninggal-mendadak_5583c4c8e122bdba078b4575
Ketika Teman Seperjalanan Meninggal Mendadak Tak ada yang bisa mengira kapan ajal menjemput. Belum lama bercanda riang, tak lama kemudian teman bercanda tadi kedapatan meninggal.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/pebrianov/ketika-teman-seperjalanan-meninggal-mendadak_5583c4c8e122bdba078b4575
Ketika Teman Seperjalanan Meninggal Mendadak Tak ada yang bisa mengira kapan ajal menjemput. Belum lama bercanda riang, tak lama kemudian teman bercanda tadi kedapatan meninggal.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/pebrianov/ketika-teman-seperjalanan-meninggal-mendadak_5583c4c8e122bdba078b4575

3 Comments:

  1. Bikin gue nangis tengah malem lo cong... abis baca langsung mewek2 gue... sedih but good story, udh cucok jd novelis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Patty : Iya mba, tiap malem gw selalu kebayang muka vitri, gak nyangka dia cepet bgt ninggalin kita.

      Aminn mudah2an gw jd novelis beneran yak

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus