Tetangga Masa Gitu?

Yaks, ngomongin tetangga lagi. Dari tulisan saya yang pertama intinya sih sama ngomongin tentang tetangga yang nyebelin.

Setiap orang pasti ya selalu hidup bertetangga. Namun, pernah gak sih kalian merasa bahwa selalu ada aja tetangga yang nyebelin? Banyakkkk!!!

Aslinya saya kurang suka beramah tamah dengan tetangga, karena saya juga orangnya gak hobby ngerumpi dan gak terbiasa hidup bertetangga. Saya bukan termasuk orang yang gampang beradaptasi dengan lingkungan baru, jadi kudu usaha ekstra keras agar bisa ber-haha-hihi akrab dengan orang yang baru saya kenal. Nah loh, emang selama ini hidup di hutan sendirian ya?…xixixixi…..

Sejak pindah, tetangga disini manis² kok orangnya, saking manisnya udah kayak pare mentah alias PAHIT.. hehehe.. Memang sih, hidup bertetangga itu macem² karakternya, saya juga baru belajar bertetangga setelah pisah dari rumah orang tua. Tetangga itu ada yang baik, judes, iri, banyak lah yaa... Dari sejak pindah ke rumah ini 3 bulan lalu sampe detik ini, Alhamdulillah kami gak pernah punya masalah dengan para tetangga, cuma kadang saya suka menggerutu dalam hati kelakuan tetangga² di sekitar rumah. 
 
Awal saya pindah, saya mencoba berkumpul sama ibu² ketika mereka lagi ngobrol² , yah sok SKSD ajalah saya sebagai warga baru. Setelah saya perhatikan dari cara mengobrol mereka, apa yang mereka bahas tiba² saya ilfeel seketika. Karna Apa? Lama-kelamaan pembahasan ibu² ini menjurus kearah "SEX" yang membahas cara mereka berhubungan dengan suaminya dan ngomongnya dengan suara yang kenceng, sambil ketawa haha-hihi dan yang lebih parah-parah-parahnya lagi, disitu ada para tetangga lelaki yang lagi menikmati obrolan kita².



Alamaakkk saya udah mulai males nih ngomongin ginian, akhirnya saya pamit aja masuk kerumah dengan alesan mau BAB.. Please deh, ngobrol boleh, ngerumpi boleh tapi menurut saya gak etis aja ngomongin masalah beginian di depan umum. Kadang sama sahabat aja saya ngerasa risih ngomongin masalah sex, lah ini mereka ngerasa bangga dan leluasa. Oke keep pembahasan itu, saya mulai menjaga jarak untuk ngobrol dengan mereka !! 

Pada dasarnya sih mereka baik² tapi kok lama-kelamaan saya ngerasa kayak gak di hargai yah apalagi sama satu tetangga ini sebut saja namanya "Mbak Jawir". Awal saya pindah, saat saya keluar rumah, saya menemukan ada celana di jemur di pagar rumah saya. Hadeuhhh mau marah orang baru, kalo gak ditegor malah jadi kebiasaan. Setelah di cari tau, si "Mbak Jawir" inilah yang jemur celana di pagar rumah saya. Akhirnya si mama lah sang empunya kontrakan yang menegur dan dia langsung pindahin jemurannya kerumahnya. Kalo ada saya dirumah saat weekend sih dia udah gak berani lagi jemur apapun, tapi entahlah saat saya di kantor yang notabene rumah kosong dari pagi sampe malem, rumah saya dibuat jadi tempat penjemuran, MAYBE!!

Si "Mbak Jawir" ini punya hobi teriak-teriak. Entah pagi, siang atau sore, kapanpun dia bisa, dia pasti teriak²... Entah ibu ke anak, atau sesama tetangga. Padahal, keseringan masalahnya sepele, palingan cuma nyuruh makan anakknya, gosip sana -sini yang gak penting sambil teriak² tapi teriaknya bisa ngalahin suara guntur yang sedari minggu kemaren selalu berkeliaran di Jakarta.

Setiap malam, bagi saya ibu² ini bagaikan "kampret" yang tidur di waktu siang dan bangun di waktu malam. Jelas aja saya bilang "kampret", lah wong kalo weekend siang hari itu sepi banget, rame nya baru malem dan bisa kuat ngobrol sampe jam 11 malem, tok hanya Ibu² loh bukan bapak². Entah apa yang mereka omongin mungkin bisa jadi ngomongin saya, sampai anak kecil juga ikutan emaknya keluar sampe jam segitu, bahkan tuh anak masih asik main sambil teriak² di jam orang tidur malem. Oke lah ya itu urusan mereka cuma kasian anaknya diajak tidur malem cuma buat ikutin orang tua nya ngegosip. Karna kan anak tergantung ajaran orang tuanya, kalo orang tuanya di dalam rumah, si anak ikut di dalem rumah dan sebaliknya, kalo orang tuanya di luar otomatis anaknya juga ikutan keluar.

Beberapa hari kemarin kepala saya keliyengan (pusing.red) gegara makan siang sate kambing dan gulai kambing, sepertinya darah naik dan sampe rumah pulang kantor pun saya masih pusing. Nah si ibu² ini sampe jam 10an masih ngobrol sambil ketawa ketiwi dan yang pasti gak ketinggalan dengan teriakannya. Pengen rasanya teriak juga dari dalem rumah "Helooo gue nih lagi pusing, bisa gak sih lo semua udahan ngobrolnya? Udah malem juga keleussss!!!" 

Dan yang paling saya kesel banget adalah kemarin 2 orang yang ngontrak dirumah mama ini waktunya bayar kontrakan ke mama tapi selama saya tinggal disitu, uang kontrakan di kasih ke saya jadi mereka gak perlu jauh² anter ke rumah mama. Si "Mbak Jawir" ini, kalo ngasih uang kontrakan selalu gak pernah nyamperin saya kerumah jadi dia selalu ngepasin kalo saya lewat depan rumahnya atau teriak di depan pager saya seperti biasanya. Kayak kemarin, saya baru pulang kerja sama suami, saya belum sampe pager tapi udah di stop sama dia untuk kasih uang kontrakan. Saat dia kedalem ambil uang, saya langsung masuk aja kedalem rumah, ngapain saya nungguin di depan rumahnya cuma buat nungguin duit, gilee kaya pengemis aja!!

Kemarin pas saya pulang kerja, si ayah langsung mandi dan suara air yang keluar dari keran itu bunyi nya kenceng banget jadi kalo ada orang yang bertamu/panggil saya otomatis gak akan kedengeran. Pas si ayah cabut kabel air di teras rumah, si "Mbak Jawir" ini langsung teriak bilang ke si ayah "Mas dari tadi saya teriak panggilin Widya gak denger2 ada yang mau bayar kontrakan, cape deh!!!" dan si ayah cuma jawab "Lagi mandi gak kedengeran". Anjrittt panas hati dan gondok pas denger dia ngomong gitu dari dalam kamar rasanya pengen saya sahut "Hey Mbak Jawir, saya ini punya rumah yang ada pintu nya, kalo anda butuh, anda tinggal ketok pintu saya bukan nya teriak² kaya di hutan!!" Ngehe!!

Saya gerutu sama si ayah, tuh orang gak punya sopan santun bla..bla..bla dan si ayah tuh orangnya gak mau dibuat pusing, dia cuma bilang "udahlah emang orang nya kaya gitu". Oke Fine, kalo sifat teriak² nya itu emang gak bisa dirubah tapi tau kan tata krama orang bertamu bukan dengan teriak² samperinlah orangnya. Sumpah gondok banget saya kalo inget itu, orang² macem begini mesti diomongin ke orangnya langsung karna kalo gak dia pasti akan seterusnya begitu dan sebelum ada yang complain, dia ngerasa sifatnya itu bener terus. Dari cerita² & history yang saya denger dari orang², kalo orang yang ngontrak di kontrakan mama banyak yang gak cocok sama si "Mbak Jawir" ini maka nya banyak yang angkat kaki. Oke saya bakal cari waktu yang tepat untuk ngomong baik², biarlah kalo dia merasa gimana² sama saya. Toh ini juga buat kebaikan dia kan dalam bertetangga, gak semua sifat dia bisa diterima orang banyak.

Yah kira² begitu deh tetangga di lingkungan tempat tinggal saya. Selama ini saya cuma bisa menggerutu sama si ayah, belum sampe pada puncaknya mungkin kalo udah gak bisa ditahan banget  bisa langsung saya labrak orangnya, Alhamdulillah masih bisa nahan emosi dan kelakuan mereka belum sampe yang keterlaluan. Hadeuhhh ternyata begini ya hidup bertetangga, ada suka ada duka nya tapi kok saya ngerasa duka mulu yah..hehehehe... Entahlah memang saya yang kurang bisa menempatkan diri dan kurang bersosialisasi atau memang tetangga nya yang sedikit "sakit".
Tetangga Masa Gitu?




Sumber Gambar :

0 Comments:

Posting Komentar