Terima Kasih, Jogja!



Yap.. Mencoba mengumpulkan nyawa buat nulis blog setelah liburan kemarin...hehe, terlalu banyak yang ada di kepala. Eniwey, soal Jogja Trip ini sebenernya cuma liburan biasa aja cuma yaa pada intinya sih hanimun dadakan..hahahah... Berawal dari mumetnya otak kami di tempat kerja, akhirnya kami putusin buat refreshing deh ninggalin kota Jakarta yang makin lama makin semrawut kayak benang kusut.

Perjalanannya mulai hari Rabu malam tanggal 25 Mei jam 7 malam sepulang kantor dari stasiun senen (naik kereta api, tut...tut...tut.. Kereta Bisnis Senja Utama Jogja @IDR. 225K) itupun kami baru booking tanggal 20 Mei, bener-bener mendadak kan dan pulangnya kami pilih hari Sabtu tanggal 28 Mei biar minggu nya masih bisa istirahat sebelum menghadapi hari kramat yaitu SENIN.. hahaha.. Pulang naik kereta api, tut...tut...tut juga pake Kereta Express Argo Lawu @IDR. 325K turun di stasiun gambir. Kami sengaja pilih naik kereta di banding pesawat atau bus karena selain gak macet, kami senang bisa liat-liat sekeliling kayak ada sawah, gunung, bukit, empang, danau, orang nanam padi sampe orang boker pun keliatan.. hahaha.. Kalo naik pesawat? Emang lebih cepat sih cuma apa coba yang dilihat cuma awan doang, di kira Dragon Ball kali ah Awan Kinton!! Nah kalo naik bus, beuh saya mendingan gak berangkat deh, jangankan sampe jogja, baru sampe kampung rambutan aja macetnya naudzubillah amit-amit deh..

Untuk urusan akomodasi buat nginep, si juragan nyerahin semua ke saya. Untuk tiket hotel, saya pesan di App Traveloka, kami ambil 3 hari 2 malam di The Victoria Hotel Jogjakarta dan Alhamdulillah nya saya dapet harga cuma IDR. 909K dapat kamar Superior udah include breakfast dan fasilitas lainnya.
  
Trus ngapain aja di Jogja?? Yang pastinya jalan2 dong.

Hari 1 - 26 Mei 2016 : 
Sampai di Stasiun Jogja jam 03:30 Pagi, kami nunggu solat subuh dulu sambil nunggu agak siangan dikit. Hari pertama itu kita langsung mau menuju ke Candi Borobudur. Gak jauh dari stasiun Jogja, ada halte Trans Jogja yang bisa menuju ke candi dengan transit. Ke halte Trans Jogja, kami melewati Malioboro dan gak lupa foto di Tiang Keramat Sejuta Umat, gak afdol rasanya kalo ke Jogja belum foto disini :))

 
Tiang Keramat "Malioboro"

Tadinya kami mau sewa motor di sini cuma berhubung si juragan belum tau medan jalan yang ada di jogja jadi kami putuskan buat naik kendaraan umum aja, toh enak udah di supirin jadi gak cape. Trans Jogja, kalo di jakarta namanya Trans Jakarta (Busway) cuma disana bus nya kalo yang bagus ya bagus, yang jelek ya jelek agak sedikit gak terawat. Kami bayar IDR. 3500 untuk satu orang. Buat menuju ke Candi Borobudur kami beberapa kali transit, di jogja itu memang gak macet kayak di Jakarta cuma memang jalannya muter-muter jadi agak jauh. Tapi itulah yang bikin saya betah di Jogja salah satunya GAK MACET!!  

Pemberhentian terakhir Trans Jogja jurusan borobudur adalah di Terminal Jombor, dari situ kita bisa langsung naik bus untuk menuju ke candi borobudur yang di kenai tarif IDR. 20K/orang. Harga yang sebanding karena memang jaraknya jauh ke arah Magelang, sampe si Pak Supirnya gak pake rem karena saking lancarnya jalanan disana. Saya lupa nama bus nya intinya kami cuma lihat nama tujuan ke arah borobudur yaudah kami langsung naik. Bus ini biasanya ngetem di terminal muntilan sekitar 20 menit tapi tergantung kalo bus nya udah penuh, di muntilan gak lama-lama ngetemnya dan langsung jalan menuju ke terminal bus borobudur.

Sampailah kami di terminal bus borobudur dan kami lanjut dengan Jalan Kaki (sekitar 500 m) ke arah Borobudur. Sebenernya banyak yang menawarkan kami becak IDR. 5K, dokar IDR. 10K tapi kami lebih pilih jalan kaki sekalian olahraga. Dan sampailah kami di pelataran Candi Borobudur, kami beli tiket seharga IDR. 30K

 
Tiket masuk Candi Borobudur
Bagi yang lupa bawa Tongsis atau gak punya buat eksis di borobudur, jangan khawatir. Pas masuk ke candi udah banyak yang nawarin Tongsis, harus berani nawar biar bisa dapet murah. Dan inilah foto pertama ke-eksisan kami di Candi Borobudur.







Terlalu banyak foto jadi saya collage aja lah ya dari pada yang baca eneg kebanyakan liat muka kita...hahahaha..

Panas dan rame. Itulah suasana diatas candi borobudur, saya pikir karena itu hari kamis masih hari kerja cuma saya aja yang dateng kesana ternyata beuhhh banyak anak-anak sekolah yang lagi study tour, banyak keluarga yang lagi liburan juga, akhirnya karena di atas terlalu panas dan rame, kami memutuskan buat turun aja dan lanjut ke hotel. Tapi lumayan lah udah banyak spot yang saya foto buat update di social media..hahahha....

Keluar kawasan borobudur, ngeliat ada RM Padang di depan mata itu udah kayak liat surga, halah lebay. yaiyalah gimana gak berbinar-binar nih mata, secara dari stasiun tadi belom sarapan cuma makan sepotong roti.. Jauh-jauh ke Jogja cuma makan di RM Padang, bodo amat yang penting perut kami kenyang dan senang :)) Selesai makan kami ke terminal yang awal kita turun buat menuju ke hotel.

Singkat cerita, sampailah kami di hotel. Hotel kami ini letaknya di belakang Hotel Royal Ambarukmo dan cuma 5 menit jalan kaki ke Ambarukmo Plaza di Jalan Laksda Adisucipto KM. 5, Depok - Sleman. Baru tau di jogja juga ada daerah depok..hehehe... Sampai di lobby hotel, saya mengurus keperluan check-in di receptionist gak lama kunci kamar kami terima dan cepet-cepet kami naik lift menuju kamar. Masuk kamar hotel, nyalain AC, langsung rebahan...Beuhhh Ajibbbb!!!







Malam datang dan siang pun telah berlalu, apasihhh...hahahah... Malamnya kami bersiap-siap ke Malioboro, naik trans jogja lagi. Di Malioboro kita belanja-belanji oleh-oleh batik, daster, kaos jogja buat keluarga. Sengaja kita beli oleh-oleh di malam pertama di jogja karena besok harinya kita masih ada planning buat jalan-jalan ketempat yang lain, takut gak keburu kalau beli oleh-oleh mendekati hari-hari pulang jadi sekalian deh di hajar di malam pertama. Kita juga beli Bakpia Patuk 99 di anter Bapak Tua penarik becak, yang menawarkan harga IDR 5K pulang-pergi. Bakpia ini katanya satu produksi dengan bakpia pathuk 25 yang terkenal itu loh..hahaha tapi bagi saya semua bakpia sama enak nya kok selama belum expired...hahaha dasar emang kalo perut gentong :)



Dalam hati bener gak nih harga becak cuma goceng pulang pergi? Di kampung gue aja gak dapet, entar di tipu lagi!! Oleh-oleh udah kami beli dan sepanjang perjalanan pulang dari toko bakpia si bapak cerita, kalau beliau narik becak udah 27 tahun...gilee udah seumuran gue dong?! Beliau tinggal di Bantul, yah kira-kira jaraknya -/+ 10 KM ke Malioboro. Beliau cerita tentang keluarganya, suka duka narik becak. Sampe pas ada jalan tanjakan beliau gak bisa ngayuh becaknya, saya mikir sebegitu beratkah badan gue dan juragan sampe si bapak ngos-ngosan? Yaiyalah gak sadar lo wid badan lo udah bengkak?!! Fyuhhhh...

Gak lama, sampai lagi kami di Malioboro tempat naik becak pertama tadi. Karena saya gak tega hati ngasih goceng bolak-balik, dengan keadaan si bapak yang udah sepuh akhirnya ongkos becak di tambahin sama juragan dan bapak itu seneng banget. Saya lupa nanya nama bapaknya saking asiknya ngobrol, tapi si bapak sempet bilang kalau mau cari saya di tempat yang tadi ya, oke pak kalau ada umur pasti kita berjumpa lagi. Amin..


Si Bapak becak keliatan mulutnya doang :))
Turun dari Becak berhubung kami belom makan malam juga, akhirnya kami mampir di angkringan. Setelah makan kami balik lagi ke hotel buat istirahat.

Hari ke 2 - 27 Mei 2016 :
Hari ke-2 kita mau ke Candi Prambanan dan rencana nya mau ke Candi Ratu Boko juga, sebelumnya kami breakfast dulu di restoran hotel. Di The Victoria Hotel Jogjakarta ini dari segi makanan cukup banyak varian, maka nya gak salah kami pilih hotel ini, pelayanannya sangat memuaskan, staff nya ramah-ramah dan restorannya pun menghadap ke kolam renang, mantab!!





Selesai sarapan kami langsung jalan menuju candi prambanan, seperti biasa naik trans jogja. Maka nya saya heran, cuma di jogja saya mau kemana-mana jalan kaki dan gak ngerasa capek walaupun panas. Hmm, apakah itu kode buat hijrah ke kota orang??hahaha... Singkat cerita, sampai juga di halte prambanan, agak jauh sih jalan dari halte ke dalam kawasan prambanan. Kami beli tiket dan ternyata di prambanan nyediain tiket paketan Prambanan - Ratu Boko gratis Shuttle. Wah.. Seneng banget jadi gak perlu cari-cari lagi lokasi ratu boko dimana. Tiket Paketan ini seharga IDR. 50K/orang.




Perjalanan pertama ke ratu boko dulu dan nanti pemberhentian terakhir di prambanan. Kami naik shuttle jenis elf yang muat sekitar 10 orang. Lokasi candi boko ini ngelewatin perkampungan warga dengan gang yang agak sempit dan melalui tanjakan yang agak tajam, gak lama sampailah kami di candi boko. Gak perlu bayar lagi, hanya tunjukin tiket masuk yang tadi kami beli di prambanan. Dari pintu masuk masih harus jalan kaki sekitar 100 meter dan gerbang candi boko akhirnya keliatan juga dan gak tahan langsung eksis deh..heheheh...


Yap, inilah salah satu tempat yang lagi kekinian banget gara2 film AADC2 yang mengambil lokasi disini. Dan saya sama juragan serasa kayak Cinta dan Rangga...hahahahaha muke lo jauuuhhh!!!

Saya collage lagi ya fotonya, takut tambah mau muntah liat muka kita yang ada di setiap spot..hihihi




Di candi boko ini harganya terbagi dua sesuai jam masuk. Kalau datang kesini sekitar jam 7 pagi - 3 Sore tarifnya dikenakan IDR. 25K/orang tapi kalau kesini sekitar jam 3 sore - malam hari dikenakan tarif IDR. 100K/orang. Kenapa jam sore lebih mahal? Karena katanya di candi boko ini adalah salah satu tempat menikmati matahari terbenam (sunset) terbaik di kota jogja.

Selesai kami muter-muter dan eksis-eksis di candi boko, kami segera menuju ke prambanan dengan naik shuttle. Shuttle ini ada setiap 15 menit sekali jadi supir saat berangkat belum tentu sama dengan supir saat kita pulang. Sampai di prambanan langsung lah kami eksis lagi, cuaca makin panas untungnya saya pakai t-shirt lengan panjang. Buat yang mau ngiter-ngiter jogja, saya sarankan pakai t-shirt lengan panjang ya kalau gak mau kulitnya hitam. Kecuali kalo yang emang pengen sengaja hitamin kulit :)

Di prambanan ada beberapa candi yang berdiri kokoh dan ternyata saya baru tau di dalam setiap candi ada satu patung dewa yang mendiami candi tersebut, beda candi beda nama dewa. Ada perasaan merinding saat saya masuk ke candi siwa, bener-bener beda saat saya ke borobudur dan ratu boko, di sini aura mistisnya kerasa banget. Tapi ya, percaya gak percaya saat saya coba ambil foto patung dewa siwa pakai camdig hasilnya jelas banget tapi saat saya berdiri disamping patung dewa dan juragan mencoba foto, hanya badan dan muka saya lah yang terambil kamera, patung dewa gak kelihatan sama sekali, gelap! 


Dewa Siwa

Saya berdiri persis di samping patung dewa siwa, tapi yang keliahatan cuma badan saya aja..Hmm... Oke saya ngerti maksud dari semua ini..



 
Sama kayak sebelumnya di jadiin satu aja yah foto-fotonya, karena terlalu pede bin eksis jadi banyak banget kalau di share semua :))

Selesai dari prambanan kita mampir dulu sebentar ke Pasar Beringharjo, pasar ini lokasinya gak jauh dari Malioboro. Sebelum ke beringharjo, kita makan sebentar di angkringan deket malioboro. Cuma itu angkringan yang buka di siang hari. Si juragan lagi keranjingan banget sama angkringan, padahal di jakarta juga banyak angkringan, tapi tiap kali saya ajakin selalu gak mau tapi entah kenapa selama dua hari di jogja makannya angkringan terus dan malah gak nafsu makan makanan yang ada di dalem mall. Kayaknya memang suasana dan tempat mempengaruhi mood makan deh.

Gak jauh dari beringharjo, kami nemuin Museum Benteng Vredeburg, benteng peninggalan belanda jaman dulu. Masuk ke museum ini murah banget cuma IDR. 2000/orang. Gak jauh beda sih ya setiap isi di dalam museum, menceritakan tentang perjuangan pahlawan kita dan ada benda-benda bersejarah juga peninggalan dahulu kala.











Udah liat-liat dalemnya museum kayak gimana, kita dengan pede nya dong jalan ke arah Keraton Jogja yang berjarak sekitar +/- 1 KM dari museum Vredeburg, tapi sampai ke arah pager keraton kok udah tertutup akhirnya kami tanya sama tukang becak sekitar dan ternyata keratonnya beneran udah tutup padahal masih jam dua siang. Huff.. gagal deh liat dalemnya keraton Sri Sultan Hamengkubuwono.. Guys.. Sebagai informasi, kalo mau mengunjungi keraton jogja itu mending dari pagi karena keraton tutup jam 1 siang.



Baiklah, balik kanan dengan lemah letih lesu. Akhirnya kami putuskan buat balik aja ke hotel, berhubung udah sore juga, sekian deh buat hari ke-2 ini di jogja. Sampai hotel kami langsung berenang, ngademin otak seharian panas-panasan juga macam turis ngitemin badan. Kolam renangnya sepi, padahal tamu hotel banyak. Mungkin pada males berendem kali ya, tapi enak lah serasa kolam milik sendiri..hehehe.. Si juragan gak mau di foto, malu sama perut katanya...hahahaha...




Hari udah makin sore, selesai lah kami berenang sore ini. Naik ke kamar, bilas-bilas, gak lama telepon kamar berdering pas kami angkat teleponnya ternyata staff restoran hotel yang kasih tau kalo ada camilan sore di restoran, yaa bahasa inggrisnya mah snack time dah..hahaha... Pas kami kesana, restoran sepi banget dan sepertinya gak semua tamu di telepon untuk nikmatin snack time ini, entah di lihat dari apa yang pasti kami terpilih...hahahaha... Snack time ada tempe mendoan, kopi, teh dan puding. Menu sederhana sih, cuma nih hotel bener-bener recomended banget deh padahal saat saya booking hotel cuma include breakfast aja tapi ternyata ada snack time nya juga.



Malamnya kami jalan-jalan ke Ambarukmo Plaza, sekalian lah cek-cek toko Home Solution yang ada disana. Gak lama juga kami di Amplaz, lagi males juga jalan ke mall, udah terlalu enak menelusuri kampung-kampung dan akhirnya kami balik lagi ke hotel. Sebelum masuk hotel ada tempat tongkrongan yang lumayan enak, nyediain cemilan-cemilan lah, makanan gak berat lah untuk ukuran malam hari. Karena dekat banget sama kampus Pariwisata jadi ya wajarlah ada tempat tongkorongan di sini dan setelah itu kami pulang ke hotel dan bersiap-siap buat besok pagi kami udah harus check-out dari hotel karena kereta kami berangkat ke Jakarta jam 08:45 WIB.

Di jogja itu emang bener-bener bisa di bilang kota penuh kenangan, kenapa? Pertama, kulinernya yang murah. Tetep ya makanan nomor 1..hahahah... Iyalah saya makan angkringan berdua juragan cuma abis IDR. 20K. Kedua, banyak tempat sejarah dan wisata yang keren, walaupun belum saya datengin semua tempat wisata yang lagi happening saat ini, tapi 3 hari di jogja saya merasa puas. Ketiga, saat di malioboro banyak pengamen yang bersuara emas dan kreatif dan ini yang gak bisa saya temukan di jakarta. Keempat, tata krama dan budaya nya yang masih kental. Di jogja orangnya lebih ramah dari pada di jakarta yang judesnya kayak cabe, selalu ada tempat untuk jadi bersahaja di Jogja. Kelima, suasana malamnya yang aduhai cihuii...kayak saya dan juragan, meski cuma makan malam di angkringan tapi buat kami serasa candle light dinner di restoran mahal di jakarta...hahahaha... Maka nya sampai saat ini saya masih belum bisa move on dari jogja :)


Buat para backpacker harga diatas emang terbilang mahal hanya untuk traveling di jogja tapi siapa sih yang gak butuh murah? Kalo saya butuh murah tapi kenyamanan nomor satu, tapi intinya saya ke jogja bukan untuk backpackeran tapi untuk liburan :))

Terlalu banyak cerita di Jogja yang takkan terlupakan!

0 Comments:

Posting Komentar