Test HSG Done, Alhamdulillah


Haii... Para pejuang Buah Hati.. Saya mau share pengalaman lagi nih...
 
Warning !!
Siap2 mata sepet ya karena lumayan panjang curhatnya :)

Dari cerita sebelumnya mengenai PCOS saya (My PCOS Story) mulai promil itu ± udah jalan 5 bulan dari bulan januari. Setelah minum obat2an yang di resepkan dokter sugi dan pas kontrol USG Trans V tanggal 8 April kemarin, Alhamdulillah banget sel telur saya udah gak kecil2 lagi alias udah besar bahkan sangat besar sekitar 20mm lebih dari normalnya, saat ditunjukkan gambarnya di layar monitor sama dokter, saya sampe gak bisa berkata apa2 (Subhanallah, terima kasih ya Allah setidaknya ada perkembangan dalam proses kehamilan ini). Dokter Sugi langsung bilang "Saya pecahkan aja ya sel telurnya. Sayang lho udah gede kalau gak dipecahin, kalau program bayi tabung udah enak tuh langsung di semprot" Saya dan suami awalnya agak bingung maksud dari di pecahin itu apa, kami pun langsung mengiyakan karena kami percaya dokter punya step2 yang sesuai prosedur.

Dan saya langsung di minta ke Apotek untuk nebus obat untuk di suntik namanya PREGNYL 5000 IU. You know what? Itu obat cukup maharani ya bok Rp. 505.000 + kontrol dokter (USG Trans V) Rp. 245.000 = Rp. 750.000. Ya itulah harga kontrol tanggal 8 April kemarin. Gak Apalah, yang penting ikhtiar ini berhasil. Aamin...

Pregnyl 5000 IU


Saya langsung ke ruangan dokter sugi lagi, saya di minta berbaring dan di situ saya masih bingung apa nya yang di suntik, bokong kah atau apa kah? Ternyata perut saya yang disuntik :)) Setelah suntik pecahin sel telur, saya di minta berhubungan dengan suami maksimal 1x24 jam agar obatnya bisa bereaksi. Kunjungan selanjutnya di jadwalkan jika saya terlambat haid 1 minggu.

Jadwal haid saya adalah di tanggal 19 April, tapi di tanggal itu saya belum haid, gak ada tanda2 haid juga, berharap emang hamil karena sampai telat 2 hari saya belum haid juga, semakin berharap dong...tapii.....di tanggal 21 April udah mulai sakit2 perut, badan greges..feeling udah gak enak..udah mulai moody-an ternyata bener malemnya keluar si merah. Mau nangis, teriak sekenceng2nya tapi yaudah mungkin belum rejeki saya untuk bulan ini.

Di hari kedua haid, saya berkunjung lagi ke dokter sugi. Saya ceritain kalau saya haid, dokter sugi pun juga kaget denger saya haid, mungkin selama dia menangani pasien, tahap suntik pecah telur ini adalah tahap terakhir dan biasanya pasien udah berhasil hamil, tapi saya belum. Akhirnya saya di minta untuk cek saluran tuba atau yang biasa di sebut tes HSG (Histerosalpingografi), tes pun di lakukan di bagian radiologi. Sebenernya di RS Mutiara Bunda ada bagian radiologi cuma alat utk test HSG nya belum ada jadi dokter sugi kasih rujukan dan surat pengantar ke RS. Sari Asih Ciledug. Alhamdulillah masih dekat rumah.

Singkatnya, HSG itu merupakan serangkaian tes rontgen yang biasanya dilakukan di ruangan radiologi rumah sakit untuk mengecek apakah ada atau tidaknya kelainan di bentuk rahim serta penyumbatan di tuba falopi kita. Caranya, dengan cara memasukkan cairan kontras ke dalam rahim, kemudian di foto rontgen. Nah, dari hasil foto rontgennya tersebut, kita bisa lihat tuh bentuk rahim kita gimana, apakah ada penyumbatan (non patent) atau tidak (patent) di saluran tuba falopi kanan dan atau kirinya.

Bedanya sama Hydrotubasi?
Sedangkan hydrotubasi atau biasa di singkat hydro lebih ke upaya untuk perbaikan kalo ada penyumbatan saluran tuba. Prosesnya kurang lebih sama dengan HSG, hanya aja kalo hydro cairan yang dimasukkan bukan zat kontras namun semacam antibiotik cairan fisiologik dan gak pake acara di foto rontgen.

Akhirnya hari minggu kemarin saya daftar ke bagian radiologi di RS Sari Asih, tes HSG ini harus dilakukan di hari ke 9,10,11, di hitung dari hari pertama haid. Dan saya dijadwalkan tes HSG di hari ke-11 yaitu tgl 2 Mei jam 5 sore. Petugas radiologi juga menjelaskan kalau tes HSG ini efeknya agak2 sakit dan sedikit mulas, kalau memang ada penyumbatan di saluran tuba kita itu akan makin terasa sakit dan mulas, petugas juga ngejelasin harga untuk tes HSG nya, untuk tindakan nya aja sebesar sekitar Rp. 600.000 dan untuk obat2an nya kurang lebih Rp. 300.000 (obat2an yang dipakai saat tes, bukan obat minum utk dibawa pulang) jadi kurang lebih estimasi biaya Rp. 1.000.000.

Oh ya..sebagai informasi, test HSG ini gak bisa di lakukan sembarangan tempat, maksudnya harus di bagian Radiologi oleh dokter ahlinya, gak bisa di puskesmas/klinik dan harus ada surat rujukan/pengantar dari dokter kandungan kita. Karena saat saya daftar, ada ibu2 langsung bilang mau test HSG tapi di tolak karena gak ada surat rujukan/pengantar dari dokternya. Bagian Radiologi juga gak cuma bisa melakukan test HSG aja, tapi bisa juga rontgen penyakit lainnya.

Jadwal test HSG


Selasa, 02 Mei 2017.
Saya dan suami sengaja pulang kantor setengah hari karena setengah jam sebelum tes harus sudah sampai di RS langsung nebus obat dengan harga Rp. 363.000 dan biaya tindakan sebesar Rp. 620.000 total tes HSG ini sebesar Rp. 983.000


Rincian obat test HSG

Biaya tindakan tes HSG

Setelah nebus obat yang lumayan lama nunggunya, kami di minta masuk oleh suster untuk dijelaskan dulu apa itu test HSG dan suami di minta tanda tangan surat persetujuan sang istri melakukan HSG, saya harus kecewa karena suami gak boleh masuk ke ruang radiologi. Yah makin takut saya. Suster minta saya buka seluruh baju. Lalu pakai baju ala pasien ICU. Setelah itu saya di minta tiduran di atas meja semacam meja fotocopy gitu yang transparan.

Ruang Radiologi

Saya di minta membuka kaki selebar2nya didepan dokter. Dokter yang melakukan tindakan ini cowok, jujur rasa malunya bukan main. hehehehe.. Owww akhirnya miss V saya di eksekusi, kata mba suster tenang bu santai, tarik nafas jangan malu2, dalam hati saya berdoa dan berdzikir semoga dilancarkan, lumayan ngilu jugaa.

Proses HSG dimulai. Sekilas saya lirik selang kateter dan cocor bebeknya. Masya Allah panjangnya. Aduh Ya Allah… Semoga gak sakit. Saya berdoa dalam hati. Setelah selang katater terpasang saya di suruh tidur terlentang dan dokter menyuntikan obat ke selang yang udah terpasang terhubung ke Miss V saya. Alhamdulillah, sekali dokter menyemprotkan cairannya langsung masuk, kata dokter bakal agak mules daaannnn ternyata benar mulesnya antara mules mau haid dan mau puph. Kemudian Miss V di foto rontgen, ada kayaknya 6 kali difoto. Setelah beres, dokter mencabut selang dan saya di suruh bersih2 di wc dan pakai pembalut, dan ternyata berdarah kaya haid, ngucur gitu, perut lumayan mules, setelah bersih saya disuruh tidur terlentang lagi, lalu difoto lagi, setelah itu selesai, waktunya kira ± 45 menit. Setelah itu saya pakai baju dan keluar ruangan menemui suami.

Masih sempet selfie setelah di eksekusi

Proses selesai, Alhamdulillah, gak ada jeritan kesakitan, gak ada tangisan air mata. Semoga hasilnya baik. Hasil HSG bisa diambil satu jam setelah pemeriksaan, berhubung udah tau dan gak mau balik lagi, akhirnya kita tetap stay di RS sekalian nunggu suami solat magrib, saya gak bisa solat karena keluar darah kayak haid.

Sambil nunggu suami solat, saya keliling2 RS, selesai suami solat magrib pas banget hasil rontgen keluar. Bagian radiologi sebenarnya bisa membacakan hasilnya tapi itu di luar tanggung jawab mereka karena mereka hanya melakukan tindakan aja dan akhirnya mereka nyuruh saya minta di bacakan saja sama dokter kandungan saya. Yang saya baca sih sebagai orang awam hasilnya adalah tuba paten berarti saluran telurnya gak tersumbat. Alhamdulillah Ya Allah..

Hasil Test HSG

Hasil Foto Rontgen

Wadawww di jalan perut masih berasa sakiiitt dan ngilu, apalagi pake motor setiap ada polisi tidur saya merem..huhhhu.. Besoknya Alhamdullilah udah gak berasa apa2, sehat walafiat.


Kamis, 04 Mei 2017
Hari ini jadwal berkunjung ke dokter sugi untuk minta di bacakan hasil tes rontgen kemarin. Saya dan suami ijin setengah hari dari kantor, begitu sampai RS dan masuk ruangan dokter sugi...Tadaaaa...Alhamdulillah hasil tes HSG saya bagus dan normal, jalan rahim saya juga terbuka, bagus dan aman semua. KEDUA TUBA PATENT  artinya gak ada sumbatan dan memungkinkan untuk hamil alami (Alhamdulillah). Dokter bilang "Bagus nih wid, cairan tumpah semua" Makin seneng dokter bilang gitu.

Konsultasi kemarin cuma di kasih vitamin penguat rahim aja dan dokter bilang sering2 berhubungan biar cepet jadi dan di minta kembali lagi kalau telat haid 1 minggu. Semoga telat..Aamiin Ya Rabb...

Kita lihat sampe sejauh mana program kali ini, kalau belum rejeki apakah harus inseminasi atau bahkan bayi tabung? Bismillah aja semoga alami berhasil. Aamiin allahumma aamiin. 

Semakin kesini semakin penasaran, tes apalagi yang harus saya jalani dan semakin banyak tau sekaligus belajar ilmu kedokteran khusunya ilmu kandungan. Saya jadi tau apa itu PCOs, apa itu test HSG, apa itu rahim retro, dan masih banyak lagi istilah tentang kehamilan lainnya, ternyata banyak faktor juga yang menyebabkan wanita belum hamil. 

Kalau kita emang niat melakukan program hamil (Promil), kita harus siap terima segala resikonya. Ya...siap mental, siap bolak balik RS, siap capek, siap gagal, siap kecewa, siap usaha lagi, siap segala2nya, terutama siap keuangan. Kalau kita rutin & yakin, Insya Allah ada perkembangan yang bagus dan ada hasil yang penting jangan putus asa, selalu berusaha dan berdoa.

Saya sempat berpikir, beruntung sekali mereka yang gak pernah mengalami HSG. Tapi mungkin itulah proses yang harus saya jalani, akan saya ikuti skenario Allah. Semoga rasa sakit dan sabar ini bisa menjadi penggugur dosa. Amiin…. 


Hari kemarin saya senang, selain hasil tes saya yang bagus dan normal, tapi saya juga senang karena saya udah tau salah satu alasan kenapa saya belum juga dikaruniai anak, salah satunya ya ini harus lebih bersabar, berlapang dada dan berusaha. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas petunjukmu. Semoga diberikan yang terbaik. Buat calon ibu yang masih takut buat HSG, hayo hilangkan rasa takutmu, bukannkah kita punya Allah yang maha kuat?

Tambahan :
Nih buat yang mau tau namanya dr.Sugijanto,SpOG... Orangnya welcome banget, gak pernah nakut2in pasiennya, baik, kebapa'an...pokoknya sekarang beliau jadi dokter favorit saya. Oh ya... selain praktek di RS Mutiara Bunda, beliau juga praktek di RSB Kartini Cipulir. Temen juga sempet bilang, dokter sugi ini bagus, banyak yang program sama beliau alhamdulillah berhasil... Semoga saya juga ya dok :)

Sumber gambar : rskartini.co.id/2014/02/dr-sugijanto-spog/
 


dr.sugi waktu muda..ganteng yaa :)
dr.sugi sekarang, tetap ganteng kok dok :)







14 Comments:

  1. Salam kenal Wid.. pengalamannya sama dengan saya. alhamdulillah Allah kasih saya rejeki di usia 3 bulan pernikahan. padahal waktu itu saya juga divonis pco, tapi dokter juga tidak menyangka bisa cepat berhasilnya (semua kuasa Allah).
    sekarang ini saya juga sedang berprogram untuk hamil lagi (karena usia anak 3th sudah waktunya punya adek). kendala lagi dengan pco, sampai saat ini saya juga masih belum berhasil dan disarankan untuk HSG, tapi saya pun masih ragu. apa iya harus HSG atau tidak. klo di Sari Asih bisa langsung datang aja ya? saya sudah punya surat rujukannya. semoga kita sama2 dapat segera berhasil ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Devi... Yes.. HSG hrs ada surat rujukan dr dokter kandungan kita mba...nanti dibawa ke RS dan akan dijadwalkan tes HSG nya..

      Hapus
    2. Siang mba widi, emng kalo langsung ke rs nya ngga bisa yahh harus ke bidan dulu gitu minta surat rujukan, kan di rs ada dokter kandungannya .. Maaf ya mba saya tanya

      Hapus
    3. Klo di bidan, saya kurang tau bisa minta rujukan utk HSG atau gak.. kalo saya sarankan ke dokter kandungan aja cb konsultasi..
      Kalo saya karna udah awalnya program hamil, jd memang HSG instruksi dr dokternya dan langsung dkasih rujukan..hehehe

      Hapus
  2. Ba,beli obat pregnyl dimana? Di rs, mutiara bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Putra.. semua obat yg saya dapet dari mutiara bunda sesuai resep dokter dan hanya dokter yg melakukannya. Kalau HSG tdk dpt obat minum sama sekali tapi cuma obat untuk yang di semprotkan ke saluran rahim aja.

      Hapus
  3. Halo mba..blognya bikin aku jadi ada bayangan buat minggu besok aku HSG & jadi tau biayanya. Sebenernya deg2an sama proses & hasil HSGnya. Btw itu di RS Sari Asih daftarnya via telp atau langsung dateng ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftarnya waktu itu saya langsung datang... Abis sari asih di tlp susah bgt.. Gmn hasilnya mba , apa sudah HSG ?

      Hapus
  4. Jadi total biaya brp mba? Kebetulan bgt aku pasien rs mutiara bunda tapi beda dr kandungan.. Anak ku udh 5tahun pengen hamil lagi tapi blom berhasil pdhl udh 4tahun lepas spiral..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total biaya HSG ada di atas.. cm klo total dr mulai promil smpe HSG udh gak keitung...hehehe..

      Hapus
  5. Mba wid,sblmnya maaf sekarang bagaimana mba hasilnya apakah sdh berhasil,sya jg di sarankan untuk hsg di sari asih,tp masih ragu dan takut,bolak balik Rs dan hsilnya memang srh di Hsg,karna haid sya tidak tiap bulan keluar,usia pernikahan 5thn,smpt putus asa skrg blm ke Rs lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp di coba aja utk HSG biar gak penasaran dan tau hasilnya klo kita bermasalah atau gak..yg pntg program dan konsultasi dlu sama dokter kandungan..

      Hapus
  6. Apakah mbak tau jg dokter di rs sari asih serang yg bagian radiologi hsg. Soalnya rujukannya kesitu.. Makasih

    BalasHapus
  7. Salam kenal bun aku juga lg promil sama dokter sugi dan suami suruh cek sperma dan aku HSG.oya maaf bun hasil nya bunda gimana sudah berhasil atau blm bun ?

    BalasHapus