Miris !!

Semenjak kantor saya pindah di daerah Rawabokor, sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang yang cukup jauh dari kota Jakarta. Setiap hari saya melewati daerah Batuceper, perkampungan di belakang Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pemandangannya cukup asri, masih hijau dengan latar belakang sawah yang luas.... (jarang² ditemui di Jakarta..hehehe). Ditambah lagi aliran kali yang mengiringi di sebelah jalan raya (wah pokoke asri dah, kayak di foto² :D), sayangnya saya gak bawa kamera jadi gak bisa mengabadikan tempat itu, mungkin lain kali.

Melihat bentuk rumah dan sekitarnya, saya pikir taraf ekonomi dan pendidikan orang² di daerah ini udah cukup mampu dan maju tapi Entah kenapa saya kaget ketika di beberapa tempat di kali tersebut, ada beberapa ibu² lagi cuci bajunya di kali, padahal air kali tersebut begitu "indah" alias kotor banget (coklat, kadang² hijau).

Beuh, melihat hal tersebut saya jadi inget berita² di TV. Penduduk di desa memang melakukan MCK di kali karena keterbatasan WC umum dan kesulitan mencari air. Saya gak tahu pasti, tapi melihat kondisi di Batuceper, saya kira mereka semua mampu membuat rumah yang memiliki WC sendiri dan air yang ada pun saya kira cukup melimpah. Tapi kenapa masih cuci baju di kali??

Melakukan aktivitas bersih² di kali/air yang kurang bersih tentunya berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi kalo di ujung kali ada yang buang² sesuatu dan di ujung lain ada yang cuci² baju.. Woho.. bayangkan kuman yang saling berebutan untuk nempel di tubuh kita. Para ibu² itu gak mikir ya padahal baju² yang mereka cuci itu kan bakal di pake buat sekeluarga, gak ngeri gitu bakal berdampak terjangkit penyakit kulit kaya panu, gatel² . Apalagi baru aja tadi pagi saya lihat ada yang cuci motor pake air kali.. Haduhh mas... Itu air kali, bukan air bersih, mau motor sampean jadi karatan? Hiiiii !!!



Miris banget perasaan saya ngeliat orang yg nyuci baju dikali yang kotor. Untuk pesan kesehatan, gunakan air bersih untuk masak, mandi, cuci², serta gosok gigi, hindari MCK di kali. Meskipun kali di kali bisa sambil ngerumpi dan ngegosip, tapi inget kesehatan anda dan keluarga anda lebih penting daripada gosip rumah tangga artis² hehehe...

Semoga dengan ini, tingkat kesehatan keluarga Indonesia menjadi semakin baik AMIN!!

Sumber Gambar :

0 Comments:

Posting Komentar