Pengemis (Bohongan)



Gimana sih biasanya kalian menghadapi pengemis di jalan? Soalnya saya bingung...serba salah...ngasih salah, gak ngasih jg salah...

Saya mau cerita dikit deh tentang pengalaman saya, kejadian ini lama sih sekitar 2 minggu lalu. Waktu itu pas tanggal merah, sekitar sore hari saya mau dinner sama suami ke daerah Rawa Belong saya berhenti di lampu merah sebelum permata hijau, pengemisnya cowok gitu, kelihatan dari raut mukanya masih muda tapi dengan posisi kaki kanannya buntung sedengkul, jadi dia jalannya merangkak agak diseret seperti suster ngesot. Dalam hati merasa kasihan banget, udah kakinya buntung, cari duit dengan cara begitu pasti capek dan perjuangan banget, saat saya mau mengeluarkan duit ternyata gak sempet karna udah keburu lampu hijau.

Dan akhirnya saya sampailah ke resto tempat kita dinner, sambil menunggu pesanan, saya ngobrol sama suami "Pengemis tadi kasian ya yah" dan suami pun bilang, "Yaudah nanti kalau dilampu merah ketemu lagi kita kasih duit". Singkat cerita dinner pun selesai, kita coba ngelewatin lampu merah tadi, ternyata emang rejeki, pengemis itu ada di lampu merah jalur saya mau pulang. Saya buru² buka dompet, saya keluarkan selembar uang, yaahh ga begitu banyak tapi saya ikhlas. Pengemis itu menghampiri saya sambil berjalan ala suster ngesot, saya kasih lah uang itu tapi sambil saya kasih uang, saya juga perhatikan kakinya, kok terasa agak berbeda ya.. Karna dia punya perawakan yang kurus jadi paha kiri kelihatannya kurus banget tapi paha kanannya kok terihat besar, hmm mungkin perasaan saya aja kali dan saya coba lupain itu tapi akhirnya selama diperjalanan pulang, mulut saya gak tahan pengen ngomong sama suami dan akhirnya keluarlah kata² dari mulut saya "Yah, ayah perhatiin gak pengemis tadi paha kanannya agak gede, beda sama paha yang kiri" ternyata suami juga punya perasaan yang sama dan dia bilang "Iya ayah tau, ayah juga perhatiin kok" akhirnya kita berdua menyimpulkan bahwa pengemis itu bukan buntung kaki nya tapi emang di tekuk sampe ke paha. Astaghfirullah ada ya orang nyari duit sampe begitu.

Okeehh, emang sih jaman sekarang nyari duit susah jadi itu salah satu mata pencaharian dia dan mungkin juga dengan dia berlagak seperti orang buntung malah pendapatan dia lebih banyak dibanding ngamen atau apa lah. Cuma ya sampe rumah saya masih aja ngedumel dalem hati, bukan ngedumel karna saya udah ngasih duit sama orang yang bohong, itu saya ikhlas banget itung² ngumpulin pahala. Tapi saya ngedumel, itu orang nyari duit sampe bohongin orang, kaki dibuat seakan² buntung, apa dia gak takut azab kalo suatu saat Allah beneran membuntungkan kaki nya dia? Ya Allah, Naudzubillahi mindzalik.

Kadang kasihan gitu ngeliat pengemis, kalo gak dikasih, tampangnya kek lemes lesu gitu, kasihan sih lihatnya tapi jujur aja saya sebenernya kurang suka pengemis, saya gak bermaksud sombong atau tinggi hati ya tapi menurut saya pengemis tuh orang malas yang gak mau berusaha karena menurut saya jadi pengemis itu adalah sebuah PILIHAN bukan NASIB... PILIHAN HIDUP yang menentukan NASIB HIDUP kita. Apalagi banyak pengemis yang kalo udah dikasih malah gak tau diri, ada pengemis yang minta² dateng ke rumah, minta² duit trus dikasih makanan tapi malah marah trus makanannya dibuang dan dia pergi...DAMN? Gak tau diri banget tuh...

Ada lagi ya yang saya sesalkan juga kenapa ya ada bos para pengemis? Mereka kaya dari hasil org² miskin gak berdaya terutama anak kecil yang disuruh mengemis trus mereka jadi kaya karena hal tersebut, sedangkan anak² pengemis tersebut tetap miskin dan gak dapet apa² paling cuma dikasih makan dan tempat tinggal secukupnya doank. Dimana ya hati nuraninya? Sori nih just my opinion...gak tau menurut yang lain, kalo menurut saya sih bos pengemis itu duitnya duit haram.

Makanya bingung kan, klo kita ngasi salah, gak dikasi jg salah jadi mesti gimana donk ngadepinnya??

Sumber Gambar
http://dhanipramata.blogspot.com/2012_04_01_archive.html

0 Comments:

Posting Komentar