Perjuangan Melawan Banjir






Banjir, banjir, dan banjir. Sebuah kata yang paling tepat untuk mewakili kota jakarta yang setiap tahunnya dilanda banjir. Padahal, biasanya banjir hanya melanda sekitar 5 tahun sekali. Tapi, kali ini banjir melanda setiap tahunnya dengan tingkat keparahannya yang sudah tingkat dewa. Dan banjir tahun ini melibatkan semua daerah kayak Tangerang dan sekitarnya, bahkan di Manado juga bajir bandang..

Nah, akhir² ini saya sering banget pulang kehujanan, jadi selalu pakai sepatu karet (baca : crocs). Kalau jas hujan sih selalu standby di dalam bagasi motor, itu bawaan yang harus selalu dibawa sekarang ini. Senin lalu sempat bolos kantor karena akses jalan menuju ke kantor yang berada di ujung berung semua kena banjir, akhirnya puter balik pulang kerumah. Saya kirim foto banjir ke bos sebagai barang bukti..hehehe…

Setiap pulang kantor langit udah mendung berawan tebal dan petir² menggelegar, ‘cetar membahana!’ Mulai hari senin kemarin berangkat & pulang kerja, udah deg²an aja takut banjir tapi ternyata cuma hujan sedang dan jalan² yang biasa di datangi banjir Alhamdulillah kering. Dan puncaknya itu kemarin hari selasa, pagi berangkat kerja dari rumah sampe kantor sih gak ujan, sorenya pas mau pulang juga cuma hujan rintik² trus berhenti. Hingga sampailah saya di Jalan K.H. Hasyim Ashari Ciledug sekitar Perumahan Ciledug Indah. 

Mulai tampak ada ciri² banjir, macet di mulai dari Graha Raya, saya pikir macet karena antri mau menyebrang banjir ternyata macet karena motor banyak berhenti ragu² mau nerobos atau gak. Katanya air udah sepaha orang dewasa, kucing mah pasti tenggelam aja pokoknya. Akhirnya, saya masuk ke perumahan Graha Raya nembus Pondok Kacang diteruskan ke Mencong karena biasanya di situ gak banjir dan gak macet. Ternyata saya salah.

Pertamanya sih emang gak macet, ternyata pas belok arah Pondok Kacang ada banjir sekitar sebetis orang dewasa, yaudah akhirnya saya terobos, mau gak mau daripada gak pulang. Untungnya knalpot gak sampai kerendem banjir. Menelusuri kampung² akhirnya sampai juga ke jalan utama Parung Serab dan ketika mau sampai pertigaan, udah banyak orang yang berhenti ternyata disitu ada banjir juga. Ada yang nawarin naik gerobak, boro² mau naik gerobak, uang yang tersisa di dompet tinggal 35 ribu sedangkan harga gerobak 50 ribu. Yaudahlah mau gak mau saya terobos lagi, berasa naik jetboat gini. Serius, di sini saya ngerasa jadi jagoan yang gagah. Mengemudi melewati arus air, udah kaya naik motor di sungai.

Mobil² juga ikut nerobos banjir, ada motor yang mogok karena kebanjiran, banyak anak² yang malah main² air, dan saya juga asyik melaju dikelilingi air. Arusnya cukup deras, gak disangka, makin jauh ternyata makin dalem. Kira² sepaha saya kalo berdiri, tinggi badan saya kurang lebih 160 cm, yah dikira² aja banjirnya segimana. Mobil sedan yang pendek sih kayanya udah gak ada harapan, bisa masuk ke mesin mobil tuh airnya. Saya juga udah ragu buat nerusin soalnya takut airnya ngebasahin busi. Tapi liat motor yg lebih pendek bisa maju, saya jadi yakin bisa terus.

Dan ternyata motor saya mati dipertengahan banjir, mau dorong juga berat banget dan disitu banyak anak2 kecil yang nawarin jasa dorong motor, yaudah di dorong deh akhirnya. Tapi abis itu lewat, jalan yang saya lewati akhirnya lancar. Beda sama si suami, akses dia buat menuju ke kantor cukup mudah. Kebetulan kantornya ngelewatin Kampus Trisakti, setiap bangun tidur saya selalu ngecek berita tentang banjir di internet, kalo di Trisakti banjir ya dia lewat slipi. Gak mudah buat saya buat ke kantor, karena cileduglah jalan terdekat menuju ke kantor.

Yaa... kira² begitu perjuangan saya melawan banjir, beberapa hari ini badan rasanya udah gak karuan, tinggal nunggu tumbangnya aja tapi semoga sehat wal'afiat.


0 Comments:

Posting Komentar