Tetangga Berisik

Sekitar 2 minggu lalu, saya abis maki² anak² ababil yang sering nongkrong di depan rumah saya. Emang sih di depan rumah itu ada warkop jadi pasti rame orang terus. Anak² ini nongkrong begadang mulai dari jam 10 malem sampe besok abis subuh.

Saat saya lagi tidur enak², tiba² kedengeran suara orang yang lagi teriak², cekakak-cekikik. Akhirnya saya coba untuk gak menghiraukan suara² itu, saya berusaha pules tapi sekitar 30 menit kemudian, naga²nya gak ada tanda bakal berenti dalam waktu dekat, suaranya semakin lama semakin kenceng. Busettt, kagak peka sosial ini orang!!! Mulai mendidih darah ini cuyy.. bener² minta disemprot ini bocah².

Sebenernya sih, ini yang kedua kali anak² itu kena tegor sama ibu saya, yang pertama karena didepan rumah saya ada kontrakan kosong yang ditempatin sama anaknya yang mpunya kontrakan, jadi anak ini ketua nongkrong dikampung saya, masalahnya gara² ngumpul di dalem rumah, sambil nonton bola. Wajar sih ya kalo nonton bola teriak gol cuma ini teriak gol nya kayak orang kesetanan. Dan yang terakhir ini udah bener² keterlaluan banget. Saya punya keyakinan, ‘Kalo kita merasa tidak nyaman dengan kelakuan buruk orang lain, kita harus berani menyatakan pendapat kita, jangan jd orang yg nerimoooo ajah’.

Jam setengah empat pagi keluar lah saya dari rumah, saya samperin deh tuh anak² abege labil yang lagi pada nongkrong begadang gak jelas. Mulai mendidih ini darah, kagak ketahan juga akhirnya mulut eyke merepet. Saya maki², saya ceramahin, dan apa reaksi mereka? Diem aja kayak ayam sayur, Gilaa... giliran disamperin, dimarahin baru deh pada diem dan pas saya perhatiin sambil marah² ternyata ada anak ababil cewek. Ya Allah perempuan macam apa hari gini, jam setengah empat pagi pula masih nongkrong sama anak² laki, kagak dicariin apa sama orang tuanya? Sepertinya sih cabe²an yang lagi trend sekarang ini.

Ah, saya gak peduli itu mau cabe²an, terong²an atau sekalipun terong di cabein..hahahaha.. Si papah juga keluar rumah sambil bilang "Saya laporin kalian ke polisi karena udah nganggu ketentraman orang lain". Akhirnya mereka semua pergi bawa motor. Sebenernya tetangga² lain terganggu juga tapi karena disekeliling rumah saya kebanyakan orang pendatang jadi saling sungkan jadi gak berani negor dan akhirnya keluarga saya lah yang negor secara keluarga saya asli kampung sini..hehehe... Lagian yah orang bebal kayak gitu kalo gak ditegor bisa ngelunjak.

Akhirnya sampe subuh saya gak bisa tidur, udah gak bisa merem lagi nih mata. Suami cuma bisa menyabarkan saya, mau sabar sampe kapan ngadepin orang kayak gitu? Si papah juga udah niat, kalo emang tuh bocah² pada berisik lagi, bener² mau dilaporin polisi, kebetulan papah punya temen polisi yang jabatannya udah oke lah di POLRI secara dia penyidik kasusnya si Anas Urbaningrum. Tapi kalo emang udah ganggu begitu, apalagi udah dibilangin tapi gak kena, gak masalah kita lapor polisi karena udah mengganggu kenyamanan orang lain.

Banyak temen yang bilang, sebenernya gak apa² ada anak² begadang, itung² ada yang jagain kampung, itung² ada satpam. Iya sih, saya juga gak masalah dan gak ngelarang ada anak² begadang cuma cara begadang di kampung saya ini udah keterlaluan, apa perlu begadang pake teriak²? Pake ketawa ngakak²? Gak kan.. yang wajar aja lah, namanya orang begadang ngapain sih, paling ngobrol², ketawa juga gak pake urat. Inget² ya, Kesenangan kita tidak boleh menggangu kenyamanan orang lain. Kita juga harus berani menyatakan pendapat kita, kalo kenyamanan kita terganggu karena tidakan buruk orang lain.



4 Comments:

  1. Yup, d depan rumah saya jg gitu, cuma hebatnya, mereka bebal banget, udah 3x dikasih siraman , masih aja pada anteng mengganggu dari jam 10 sampe subuh.
    Entah harus dikasih apa lagi, apa harus disegel pos rondanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di pos ronda sih masih mending karena agak jauh dari rumah saya, lah ini bener² di depan rumah saya persis dan kebetulan ada warkop disitu jadi semakin betah mereka. Tapi setelah saya marah² waktu itu akhirnya sekarang gak ada yang berani nongkrong lagi di depan rumah...hehehehe

      Hapus
  2. Anonim Selasa,Januari 2018

    Tapi didepan rumah saya juga pada nongkrong jam 10malem sampe subuh.malah pernah mulai jam 7. pernah ditegor sama ayah saya. Malah cuma diketawain doang.. malah ada yang bawa anjing.. makin tambah brisik..orang tua saya tu nggak berani negor lagi. Apa lagi kalo saya yang negor,malah makin diketawain.
    Itu gimana ?apa yang harus dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tegoran kita gak buat mereka sadar juga.. lapor RT setempat atau bs lapor polisi sekalian dengan laporan mengganggu kenyamanan orang lain :)

      Hapus